Monday, November 28, 2011

Juara Sejati

Juara Sejati..
Itulah judul lagu yang mengingatkanku tentang perjuangan ku untuk dapat meraih satu kursi di ITB tahun 2008 setelah gagal di SPMB 2007. Sebenarnya di tahun 2007, aku sudah lulus di pilihan ke-3 ku di Jurusan Arkeologi Universitas Indonesia, tapi aku tidak mendaftar dan memutuskan untuk bimbingan belajar selama 6 bulan di Medica Medan. Di tahun 2007, aku gagal meraih pilihan 1 waktu itu di jurusan STEI ITB. Kegagalan di SPMB 2007 menjadi titik terendah dalam hidup ku yg kurasakan waktu itu. Bagaimana tidak, aku yg notabene nya dari SMA 2 Balige dan selalu dibanggakan oleh keluarga ku harus membuat banyak orang kecewa krn kegagalan ku waktu itu. Pihak sekolah pasti kecewa, orang tuaku dan keluarga ku sedih, teman2 dan guru2 ku pasti bertanya-tanya.
Waktu itu aku benar-benar kehilangan rasa percaya diriku. Aku tidak mau keluar rumah dan tidak berani bertemu dengan siapapun selama hampir 6 bulan sejak pengumuman SPMB 2007. Aku benar-benar down waktu itu.

Kembali ke judul lagu tadi. Lagu itu dibawakan oleh Band "Dewa" dan menjadi lagu yang selalu kuputar kala sedang belajar di kamar kost ku di Medan. Dulu aku nge kost di daerah kampung keling dekat dengan SMA 1 Medan. Aku kost dan sekamar dengan teman ku waktu SMA dulu yg waktu itu sudah kuliah di Manajemen USU. Banyak kenangan yang sudah kulalui selama 6 bulan di tempat tersebut.

Belajar dari kegagalan ku di tahun 2007, aku ingin benar-benar mempersiapkan dengan matang untuk ujian SNMPTN tahun 2008. Aku belajar dengan giat sekali. Jam 7 pagi aku sudah pergi ke tempat bimbel dan pulang jam 6 sore. Hal itu kulakukan hampir setiap hari selama 6 bulan. Di tempat bimbelku, aku belajar dan berdiskusi dengan para tentor dan teman-teman disana. Hasilnya aku selalu meraih 5 besar di setiap simulasi Medica se pulau sumatra. Aku selalu lulus dan sering jadi juara di setiap simulasi yang ku ikuti di Medica dan di bimbel lain seperti "Bima". Bermodalkan usaha dan doa ku selama 6 bulan bimbingan di Medan, akhirnya aku berhasil lulus di STEI ITB pada SNMPTN 2008. Sebelum nya aku juga sudah berhasil lulus di Fakultas Kedokteran USU pada UMB 2008 dan sudah sempat mendaftar disana.

Bukti Kuitansi Pembayaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fak.Kedokteran USU

Selama perjuangan ku 6 bulan tersebut, lagu "Juara Sejati" ini lah yang selalu mampu membakar semangatku untuk tetap berjuang merebut 1 kursi di salah satu kampus terbaik di Indonesia, ITB.
Biasanya sepulang bimbel jam 6 sore, aku begitu lelah dan mengantuk. Malam nya aku langsung naik ke loteng dan memandang suasana malam di kota medan. Loteng tersebut menjadi tempat yang baik untuk ku untuk merenung dan menumbuhkan semangat ku untuk tetap belajar dan belajar. Dari loteng tersebut, aku sering menutup mata ku dan membayangkan aku berhasil masuk ITB. Aku berteriak pelan dan mengatakan pada diriku "aku pasti bisa!". Setelah itu biasanya aku langsung memutar lagu Juara Sejati. Jika semangat ku sudah ON lagi, baru aku mulai lagi belajar malam nya dan baru tidur menjelang subuh.

Itulah yang selalu kulakukan hampir setiap hari.  Satu hal yang kuyakini pasti, asalkan kita mau berusaha dengan sungguh-sungguh, berusaha dengan keras dan konsisten, maka kita mampu melakukan hal-hal besar dalam hidup ini.

Teman-teman seperjuangan di Medica. Leo,Alex, Rifqi, Janris, dan Viron. Foto pas cek lokasi ujian SNMPTN di UMSU Medan.
At kamar kost di Medan. Kamar kost ukuran 3x3 m dan dihuni oleh saya dan Jepri. Dindingnya sbagian dari triplek shingga suasana kamar cukup gerah dikota medan yg super panas.  Kalau lagi gerah dan sumpek dikosan, tinggal meluncur ke Sun Plaza yg terletak persis disebelah kosan. Haha. Tampak di belakang ada tempelan rumus-rumus yg sengaja saya buat biar gampang diingat. hehe

Salam Penuh Semangat!

1 comment: