Monday, November 28, 2011

Ilmu dari Pak Herman Then

Pak Herman Then adalah salah satu praktisi bisnis yang kenyang pengalaman. Menurut saya, beliau punya "sense" bisnis yang tajam. Saya sudah dua kali ikut dalam seminar dan workshop dimana beliau sebagai pembicaranya. Dan berikut ini adalah ringkasan jurus-jurus yang saya dapatkan dari beliau. Suatu saat jika saya sudah mulai bisnis sendiri, saya ingin meminta beliau untuk menjadi mentor bisnis saya. Itu bukan hal yang mustahil mengingat beliau adalah orang yg sangat dekat dengan Perkantas Divisi Bisnis.

Inilah ilmu penting dari beliau:

I. Dalam Marketing, ada 4 hal utama yang harus kita pahami dulu sebagai entrepreneur pemula.
1. Segmentation
2. Target
3. Positioning
4. 4P (Promotion, Product, Place, Price)

II. Dalam Operation Strategy, ada 2 hal utama yang harus dikuasai
1. Product harus memiliki keunikan dan nilai tambah
2. Produk harus diproduksi secara konsisten

III. Dalam Human Resources Strategy ada 3 hal yang harus dikuasai
1. Strategi rekruitmen karyawan
2. Penggajian
3. Bagaimana membuat karyawan betah bekeja dengan kita

IV. Dalam Finance, ada 2 hal yang utama
1. Waktu (ingat Time Value of Money ; uang hari ini tidak sama nilainya dengan uang besok)
2. Mampu membedakan dan memetakan mana variable cost dan fixed cost
3. Cash is the King! Mampu membuat cashflow positif dan bisnis tetap running.

2 comments:

  1. Hai Harry.. nice sharing..
    tempo hari cukup berminat mengikuti acaranya..
    namun apa daya jadwal yg ada tidak memungkinkan untuk bs dtg tiap minggu ke bandung..
    ada note2 mini mba tak bro? bs dishare kah?

    ReplyDelete
  2. catatan2 mini MBA msh di kertas smua Mas... blum sempat diketik ulang.. smoga liburan ini aku bisa ngetik ulang semua nya..biar makin ingat.. hehe..

    ReplyDelete