Thursday, March 21, 2013

Interview User (Pengalaman Pertama)

Pengalaman hari ini sungguh luar biasa karena hari ini saya baru mengikuti interview user (teknikal) di sebuah perusahaan. Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan multinasional terbesar di dunia. Interview teknikal diadakan di Jalan TB Simatupang Perkantoran Arkadia. Sebelumnya saya sudah lolos tahap administrasi, aptitude tes, dan interview HRD. Sungguh sebuah pengalaman yang berharga bisa mengikuti proses seleksi sampai sejauh ini. Saya bahkan tidak menyangka bisa sampai sejauh ini karena tinggal 1 tahap lagi, saya akan menjadi bagian dari perusahaan ini.

Saya sendiri menyukai bekerja di perusahaan ini karena saya tahu akan banyak pembelajaran dan pengembangan skill dan softskill disini lewat program khusus mereka untuk fresh graduate.Oleh karena itu saya sangat senang ketika bisa lolos sampai tahap interview teknikal. Interview ini diadakan jam 9 pagi. Saya sudah berangkat dari Bandung jam 4 pagi untuk mengantisipasi macet. Namun karena jalanan ternyata lancar, jam 6.15 pagi saya sudah sampai di Jakarta (Fatmawati) dan jam 7.00 sudah ada di Kantornya. Gedung kantornya begitu megah. Jujur saya belum pernah masuk ke gedung semegah itu sebelumnya dan membuat saya sedikit gugup. Sambil menunggu jam 9 pagi, saya duduk-duduk membaca-baca buku Power Engineering dan berjalan di sekitar Gedung tersebut. Cukup banyak juga orang non Indo yang lalu lalang pagi itu. Tentu saja, ini kan perusahaan multinasional pikir saya.

Akhirnya tibalah saatnya jam 9 pagi dan saya dipandu naik lift ke lantai 6 gedung tersebut. Disitulah saya mengikuti proses interviewnya. Yang mewawancarai saya hanya 1 orang. Pewawancara saya kelihatannya adalah alumni ITB juga dan cukup mengetahui daerah asal saya dan SMA saya, SMA Soposurung. Asumsi saya, beliau juga adalah orang Sumatera Utara. Hehe. Dalam interview ini, saya banyak diuji pengetahuan wajib Power Engineering seperti (mesin-mesin listrik, tegangan tinggi, power electronic dan power system) namun masih sangat mendasar dan juga mengenai Tugas Akhir saya. Beliau juga menguji pengetahuan saya akan aplikasi Power Engineering di perusahaan tersebut dengan memberikan contoh kasusnya. Interview ini berjalan selama kurang lebih 1 jam 30 menit.

Di akhir interview beliau juga memberikan beberapa motivasi berharga kepada saya. Kelihatannya beliau memang orang yang sangat baik dan ramah dan itu justru membuat saya makin canggung. Hehe. Tapi yang jelas, saya bersyukur bisa lolos sampai tahap ini dan mendapatkan pengalaman berharga yang perdana, interview teknikal. Saya sudah berusaha sebaik mungkin dan hasil akhirnya saya serahkan kepada Tuhan. Biarlah kehendakNya yang terjadi atas hidup saya. Bagian saya adalah mengerjakan apapun itu dengan semaksimal mungkin.
Thanks God.

4 comments:

  1. halo mas harry, keren nih langsung update disini, hehe.. saya juga baru technical interview tadi pagi, ini juga pengalaman perdana saya yang baru newbie nyoba nggapply ke perusahaan, dan bersyukur sekali bisa lolos sampai tahap ini :D

    ReplyDelete
  2. Mas boleh tau kah apa apa aja pertanyaan nya, ini soal teknik listrik ya pertanyaannya. Tolong mas ya bisa sms saya di 0812-5428-8757 jawabannya sama pertanyaannya. Terima kasih

    ReplyDelete