Thursday, November 17, 2011

Apakah ibadah Minggu di pagi hari itu "lebih rohani" dari ibadah Minggu sore hari??

Pagi ini, Minggu 13 November 2011 ada sebuah hal yang sebelum nya tidak pernah terpikirkan oleh saya dan memunculkan sebuah pertanyaan buat saya. Bagi beberapa orang mungkin hal ini tidak perlu dipermasalahkan, tapi menurut saya hal ini adalah sesuatu yg menarik utk disikapi dan jika saya menemukan jawaban nya, saya semakin bisa menajamkan pemahaman saya tentang kebenaran Firman Tuhan.

Pertanyaan adalah " Apakah ibadah Minggu di kebaktian sore itu berarti kita menomorduakan Tuhan? "

Pertanyaan ini muncul karena chating yang saya lakukan pagi ini bersama dengan seorang teman di Perkantas Maluku. Kira-kira beginilah isi chat nya :

selamat hari minggu jg bro... aku belum ibadah minggu. ntar sore aja ibadah nya..
cuaca bandung cerah bro
hehe
Eri Sinaga
wah,,klo PKK ku,larang aku ibadah sore,,itulah PKK ya,,ajari ank2 nya..lucu2 printahnya..
samalah ambon crah juga..
biasa lae grja di mana??
Harry Arai Panjaitan
haha..kog bisa dilarang ibadah sore bro? aku biasa nya gereja di GII, sekali-sekali gereja di HKBP.. disana ada HKBP ga lae?
Eri Sinaga
pkk ku blg,klo kita ibadah sore,brarti kita menomor duakan ibadah dgn Tuhan,malah pkk ku blg klo bisa ibdah jam 6 pagi klo ada...
Harry Arai Panjaitan
oh yaa? trus menurut mu gimana bro? apa benar begitu? hehe
Eri Sinaga
9:19am
hkbp da ada lae
aku ikt yg PKK ku blg,nama nya aja pkk,dia sayang sama kita..aku aminkan aja..tpi aku biasa ibadah jam 9..abis ibadah cuci baju..hehehe

Hmm, bukan kah sesuatu yang aneh? Mengapa ibadah minggu pagi dianggap lebih rohani dibandingkan ibadah sore? Lalu, untuk apa gereja mengadakan ibadah sore? Mengapa tidak cukup sekali ibadah pagi aja semua nya?

Akhirnya saya berusaha mencari jawaban atas masalah ini dari konteks Alkitab. Sudah jelas yang menjadi pokok persoalan dalam masalah ini adalah masalah WAKTU saja. Waktu ibadah minggu pagi dianggap lebih rohani dibandingkan waktu ibadah minggu sore.

Saya berusaha memberikan filter terhadap semua informasi dan paradigma baru yang belum pernah saya dengar sebelumnya termasuk hal ini. Bahkan apabila informasi dan paradigma itu datang dari Pembimbing Rohani saya sekalipun. Bagaimanapun pembimbing rohani adalah manusia biasa dan ada silap nya. Tetapi Firman Tuhan selalu benar.

Akhirnya saya mencoba utk mencari apakah ada ayat dalam Alkitab yang secara implisit atau eksplisit menyatakan bahwa Ibadah di Pagi hari lebih rohani dibandingkan ibadah di siang, sore, atau malam hari. Ternyata tidak ada. Satu-satunya yang paling mendekati adalah kebiasaan Yesus untuk berdoa di pagi hari. Tetapi jika itu yg menjadi alasan untuk mengatakan bahwa Allah lebih berkenan kepada ibadah di pagi hari maka itu adalah alasan yg keliru. Allah tidak dibatasi oleh apapun. Allah tidak dibatasi oleh tempat (ruang). Itu sebabnya kita bisa beribadah kepada Allah dimanapun. Kita tidak harus pergi ke suatu tempat untuk bisa beribadah kepada Allah.

Allah juga tidak dibatasi oleh waktu. Kita bisa beribadah kapanpun kepada Allah. Tidak ada waktu-waktu tertentu dimana kita tidak boleh atau boleh menyembah dan beribadah kepada Allah.

Karena inti penyembahan kepada Allah adalah soal hati. Kalaupun kita beribadah Minggu di pagi hari tetapi dengan hati yang tidak tertuju kepada Allah maka ibadah kita tidak berkenan kepada Allah.

Akhirnya saya percaya dan yakin, bahwa kapan pun dan dimanapun kita bisa tetap menyembah Allah. Asalkan kita melakukan nya dengan hati yang tertuju kepada Allah.

No comments:

Post a Comment