Saturday, March 17, 2012

Pikiran dan Tindakan

Kepercayaan saya terhadap pepatah "Pikiran akan menuai tindakan" goyah seketika ketika saya memikirkan kebenaran bahwa "tindakan juga akan mempengaruhi pikiran".

Pepatah "pikiran akan menuai tindakan" sangat masuk akal ketika kita (misalnya) berpikir bahwa kita adalah orang yang tidak jago berpidato. Akibatnya kita menuai tindakan sebagai produk dari pemikiran tersebut. Tindakan kita yang mungkin terjadi adalah kita berpidato dengan terbata-bata, gugup, dan dengan gesture yang kikuk.

Tetapi ternyata saya memikirkan bahwa "tindakan juga akan menuai pikiran". Dan ini sangat cocok diterapkan jika kita ingin memusnahkan pikiran-pikiran yang merusak. Contoh katakanlah Togar sedang mengalami kemalangan. Dia begitu bersedih. Terlihat murung. Dalam pikirannya dia merasa bahwa kesedihannya amat sangat dalam. Pikirannya kalut.

Tetapi Togar ingin memusnahkan pikiran-pikiran itu. Dia tidak ingin lagi larut dalam kesedihan. Dia menelepon teman-temanya dan pergi berkumpul dengan mereka. Mereka bermain futsal siang hari lalu berkaraoke ria di malam hari.  Didepan teman-temannya dia berpura-pura bertindak bahwa dia tidak sedang dalam kesedihan. Awalnya dia memaksakan diri untuk ngobrol dan tertawa bersama teman-temannya. Tindakannya melawan apa yang ada dipikirannya sebelumnya. Alhasil tindakan Togar itu menuai pikiran baru. Pikirannya sudah lebih longgar dan tidak memikirkan kesedihannya lagi. Dengan mengamati wajah, sikap, dan suara teman-teman nya ketika Togar bermain dan berkaraoke dengan meraka, tanpa sadar Togar meniru reaksi mereka. Togar sadar atau tidak sadar akan menyamakan gerakan, sikap, dan nada suaranya dengan teman-temannya ketika bermain bola dan berkaraoke.

Setiap kali kita berpura-pura memiliki pikiran positif (biarpun nyatanya kita sedang berpikir negatif) dan mewujudkannya dalam tindakan, emosi kita pun akan terpicu menciptakan dan menguatkan pikiran yang ingin kita tanamkan.

Para ilmuwan berpendapat bahwa kita dapat mengondisikan diri untuk melakukan tindakan yang memicu pola kimiawi tertentu dalam otak yang akan berpengaruh pada pikiran kita secara positif.
Think Positive
Act Positive
And keep Running..

1 comment:

  1. coba pikirkan lagi apa yg kamu tulis.
    :)
    apa benar seperti itu.
    tindakan tanpa pemikiran harus hati2 tuh.
    "Pikiran akan menuai tindakan" mungkin bisa lihat dari teladan Nehemia

    ReplyDelete