Monday, March 12, 2012

O Tao Toba

O Tao Toba

Angka dolok na timbo
do manghaliangi ho
o tao toba na uli
tapianmu na tio i tongtong
di bahen ho dalan lao tu pulomi

hauma na tung bolak
adaran na pe lomak
di pangisi ni luat mi
pinahan na pe rarak
pandaraman pe bahat
nahumaliang topi mi

Reff:
O tao toba
raja ni sude na tao
tao na samurung na lumobi ulimi
molo huida rupami sian na dao
tudos tu intan do denggan jala uli

barita ni hinaulim di tano on
umpama ni hinajogim di portibi on
mambahen masihol saluhut ni nasa bangso
mamereng ho o ta... o toba na uli..

Terjemahan nya kira-kira begini :

Setiap bukit-bukit yang tinggi
Mengelilingi dirimu
O Danau Toba yang indah
Air mu yang jernih itu selalu
Engkau buat sebagai cara untuk mengundang orang

Hamparan sawah yang luas
Dan tanaman-tanaman yang subur
Mengisi lembah mu itu
Hewan-hewan ternak pun berhamparan
Pandaraman nya pun banyak

O Danau Toba
Rajanya semua danau
Danau yang sangat indah, keindahanmu melebihi yang lainnya
Kalau aku melihat wajahmu dari jauh
Seperti berlian indahnya
Kabar keindahanmu ditempat ini
Telah terdengar kesemua tempat didunia ini
Membuat semua bangsa selalu rindu
Melihatmu, O Danau Toba yang indah


Lagu "O Tao Toba" diatas adalah lagu yang sudah lama tidak saya dengarkan lagi semenjak tinggal di bumi Parahyangan ini. Kalau di "huta" saya sering mendengar lagu ini. Tetapi entah mengapa, setelah saya merantau di tanah orang, saya jadi merinding kala mendengar lagu "O Tao Toba" ini. Liriknya dan alunan musiknya mampu menghanyutkan saya ke "alam rindu". Betul, ketika saya mendengar lagi lagu ini, saya rindu untuk pulang kampung, "mulak tu huta". 

Bagi putra Tapanuli asli (besar disana) seperti saya yang sudah cukup banyak menjalani kota-kota dan tempat-tempat wisata, sungguh saya tidak bisa menemukan tempat yang seindah Danau Toba. Memang benar kata lagu tersebut "Danau Toba, Raja nya semua danau

No comments:

Post a Comment