Tuesday, May 1, 2012

Progress TA (1)

Oke, mulai saat ini saya akan menuliskan progress Tugas Akhir saya di blog ini. Sebagai bahan pengingat dan pemantau kemajuan progress...

Hari ini, Selasa 1 Mei 2012, saya kembali melapor progress TA sama dosen pembimbing saya. Dari bimbingan TA kali ini saya dapat beberapa tugas yang harus dikerjakan untuk pertemuan bimbingan TA minggu depan :

1. Pelajari lagi tentang software pemodelan ATP. Bisa baca TA angkatan dulu yang sudah pernah menyinggung tentang pemakaian ATP. Judul TA nya berkaitan dengan Rangkaian Ekivalen Isolator.
2. Ketika hendak ke lapangan (GI Pangandaran), jangan lupa untuk membawa sampel isolator dari GI Pangandaran yang coating dan non-coating untuk dilakukan pengujian di laboratorium. Hal ini karena pengujian di Lab memungkinkan tegangan yang melebihi tegangan kerja sistem (11 kV) bahkan sampai isolator mengalami flash over. Pengambilan data ke GI bisa menghubungi Mas Medi dulu untuk memperoleh surat jalan (uang jalan juga. hehehe)
3. Sebelum pengambilan data ke lapangan, saya harus mempelajari lagi dan memahami metode pengukuran arus bocor, hidrofobisitas, THD di Lab dengan alat-alat ukurnya. Bisa menghubungi dan belajar dari Mas Medi juga.
4. Ketika ke GI Pangandaran, jangan lupa untuk mengambil sampel air laut untuk mengamati konduktivitasnya. Amati juga lokasi GI tersebut seperti : jarak GI ke bibir pantai, kecepatan angin, curah hujan, suhu (bisa minta data tahunan ke BMKG)
5. Baca sebanyak-banyak nya referensi paper dari IEEE. Referensi ini bisa menjadi acuan untuk :

  • Dasar teori
  • Metode eksperimen (mengacu kepada paper yang sudah lebih dulu melakukan metode eksperimen tersebut)
  • Metode analisis (bisa mengacu pada metode analisis yang sudah pernah dilakukan dalam paper tsb)
  • Membandingkan hasil yang diperoleh antara TA saya dan paper tersebut lalu memberikan argumentasi berdasarkan perbandingan tersebut.

6. Perdalam lagi konsep tentang isolator rantai. Rajin-rajin ke perpus elektro nyari bahan TA.

Keep on fire!

No comments:

Post a Comment