Tuesday, September 25, 2012

Program Hidup Sehat

Setelah memperhatikan jadwal setiap minggu selama satu semester ini, akhirnya saya membuat jadwal olah raga rutin setiap Minggu nya.

1. Berenang ( Sekali dua minggu)
Adapun mamfaat renang yang saya tahu :
  • Melatih pernafasan (otot jantung dan paru-paru yang sehat)
  • Melatih otot supaya lebih kuat dan lebih lentur
  • Membakar lebih banyak kalori
  • Memperlancar aliran darah karena dalam renang hampir semua bagian tubuh ikut bergerak (kepala, leher, tangan, dada, pinggang, punggung, kaki)
  • Menghilangkan stress
  • Menambah tinggi badan karena meregangkan tulang-tulang (ga heran para perenang itu badan nya tinggi-tinggi dan dada nya lebar)
  • Self safety. Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut dll).
2. Joging (Rabu Pagi dan Jumat Sore)
Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia. Dan semua orang beresiko terkena penyakit jantung (sumber : data WHO)
Jogging adalah salah satu olah raga yang mudah dan murah meriah yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung, melatih otot jantung, dan memperkuat stamina tubuh.
Tips-tips dalam jogging (sumber : duniafitness.com) :
  1. Istrahat lah yang cukup pada malam hari sebelum joging esok harinya
  2. Gunakan sepatu lari yang cocok, pas, dan nyaman terpasang di kaki Anda
  3. Saat berlari ataupun jogging, untuk pemanasan pertama, lakukan pemanasan dan lakukan dengan santai. Jangan berjalan dengan kecepatan penuh, jangan berhenti tiba-tiba. Saat akan berhenti, kurangi kecepatan secara perlahan, baru kemudian Anda berhenti. Mulailah dengan perlahan, dan akhiri pula secara perlahan-lahan agar otot Anda tidak shock. Lakukan peregangan otot untuk mendinginkan kondisi tubuh yang panas.
  4. Membawa minuman agar tidak dehidrasi.
  5. Jangan sampai overtraining
3. Badminton (Senin Pagi)
Olahraga bulutangkis dapat menghilangkan stress, melatih otot jantung, tangan, dan kaki. Selain itu menurut saya bulutangkis juga dapat melatih kerjasama dan koordinasi (jika bermain ganda)

4. Futsal (Tidak menentu)
Mamfaat nya juga hampir sama dengan jenis-jenis olahraga diatas. 

Yang tidak kalah penting adalah olahraga teratur yang dibarengi dengan asupan makanan yang cukup dan pola istrahat yang baik. Salam hidup sehat! :D

No comments:

Post a Comment