Friday, June 14, 2013

Management Trainee

Biasanya setiap perusahaan memiliki program khusus utk karyawan baru yang merupakan lulusan baru (fresh graduate). Program ini bertujuan utk membentuk para fresh graduate utk menjadi karyawan yg siap bekerja dengan menjunjung tinggi nilai-nilai perusahaan. Berbagai macam pelatihan (training) baik hardskill maupun softskill diberikan agar si fresh graduate bisa berkembang dan berkontribusi bagi perusahaan. Program ini sering disebut "Management Trainee" atau "Graduate Development Program".

Bertalian dengan hal diatas, ketika kita memutuskan utk menerima Kristus sbg Tuhan dan juruselamat a.k.a Lahir Baru, kita juga dituntut oleh Allah utk mengikuti program "Management Trainee" Allah. Allah tidak puas jika kita tidak berkembang secara rohani. Sesungguhnya tujuan Allah bagi setiap orang percaya adalah keserupaan dengan Kristus. Keserupaan dalam kasih, dalam pelayanan, dalam misi, dan dalam karakter Nya. Dan hal itu tentu membutuhkan proses yg kita sering sebut dengan "pemuridan".

Terkadang saya berpikir untuk menjadi orang Kristen biasa-biasa saja. Padahal sbg orang yg sudah lahir baru, saya seharusnya bersemangat mengikuti program "MT" dr Allah yg bertujuan agar setiap hari saya semakin serupa dengan Kristus. Sehingga saya bisa berkembang dan berdampak bagi kemuliaan kerajaan Allah di atas bumi ini.

Sama seperti program MT di berbagai perusahaan, kita pasti menemukan (dan bisa saja diri sendiri) orang yg tdk mengikuti program itu dgn baik. Dalam konteks korporasi, stiap karyawan yg tidak lolos program MT akan diputus kontraknya krn dianggap tidak berkembang meskipun sudah digodok melalui program MT tsb. Perusahaan pasti menginginkan para fresh graduate yg sudah diterima tsb, mau mengikuti proses MT dgn serius dan semangat. Begitu pula dengan Allah untuk setiap org yg sudah lahir baru. Kita harus bertumbuh semakin serupa dengan Kristus dan berdampak bagi pewartaan Kerajaan Allah di muka bumi ini.

14 Juni 2013.
Wisma Aloysius
KKRJB X

No comments:

Post a Comment