Saturday, April 27, 2013

Power Distance Index (PDI) - 2

Malcom Gladwell dalam bukunya Outlier membuat list negara-negara yg memiliki Power Distance Index (PDI) yg rendah dan yg tinggi. Salah satu negara yang memiliki PDI yg tinggi adalah Perancis. On the other hand, negara yang memiliki PDI yang rendah adalah Amerika Serikat. Makna dari PDI sendiri sudah pernah saya tuliskan pada tulisan sebelumnya disini.

Kemaren saya baru menyadari bahwa Malcom benar tentang itu. Di ITB Career Day kemaren, saya mengikuti presentasi Company Profile dari dua perusahaan migas multinasional terkemuka di dunia. Satu perusahaan berasal dari Perancis dan satu lagi dari AS. Terlihat jelas values yang berbeda yang dianut oleh kedua perusahaan tersebut. Dan hal itu juga diakui oleh presenter company yg berasal dari Perancis. Dia mengatakan kalau budaya kerja di company tsb hampir mirip2 dengan budaya jawa. It means that hierarki nya "kelihatan sekali" dan untuk new comers harus hati-hati dalam cara penyampaian ide/pendapat atau ketidaksetujuannya terhadap atasan. Artinya PDI nya (seperti yg dikatakan Gladwell) tinggi.

Berbeda dengan perusahaan yg berasal dari US. Disana lingkungan kerjanya lebih fun dan tidak kaku antara atasan dengan bawahan. Hal itu jelas sekali saya lihat dari presenters yang datang dari berbagai posisi dan jabatan. Mereka terlihat lebih tidak ada gap antara new comers dengan yang sudah senior.

Budaya-budaya kerja di perusahaan penting untuk diketahui dan menarik untuk diamati. Penting karena akan mempengaruhi tingkat kenyamanan kita bekerja dan menarik karena setiap perusahaan memiliki budaya kerja masing-masing. Tentunya tidak ada yang baik dan yang buruk mengenai tingkat PDI. Selama itu relevan dengan visi misi perusahaan/organisasi maka PDI yang manapun bisa dipilih. Menurut saya begitu.

No comments:

Post a Comment