Thursday, May 16, 2013

Teknik Negosiasi

Dimasa pengangguran seperti ini, banyak waktu saya habiskan, salah satunya, dengan membaca buku-buku yang tidak sempat saya selesaikan dimasa kuliah. Maklum, kesibukan mahasiswa membuat buku-buku bacaan yang dibeli tidak dapat diselesaikan atau bahkan belum disentuh sama sekali. Hehe.

Salah satu buku yang saya baca kali ini berjudul "You can negotiate anything" karya Herb Cohen. Herb Cohen didaulat sebagai The World's Best Negotiator. Dan itu yang dulu membuat saya tertarik membeli bukunya. 

Isi buku ini menarik dan sedikit "nakal". Menarik karena banyak hal-hal yang tidak terpikirkan oleh saya sebelumnya dan "nakal" karena penulis terkadang memberikan sedikit trik-trik yang agak bertentangan dengan  nilai-nilai moral demi memenangkan negosiasi. Tetapi "kenakalan" tersebut penting untuk saya ketahui karena tidak semua lawan negosiasi kita orang-orang baik. Terkadang dalam negosiasi, kita akan bertemu dengan orang-orang yang picik, bukan? Jadi penting sekali untuk mengetahui "cara dia bermain" dan "teknik" yang dia pakai untuk memenangkan sebuah negosiasi. Sehingga kita tidak terikut dalam alur bermainnya.

Saya setuju dengan penulis bahwa hidup ini bisa juga dipandang sebagai sebuah "meja negosiasi raksasa". Suka atau tidak kita menjadi seorang peserta didalamnya. Misalnya seorang suami bernegosiasi dengan istri, anak dengan orang tuanya, kita dengan pelayan toko, kita dengan rekan bisnis/kerja, dan masih banyak lagi. Bahkan sesungguhnya kita telah melakukan negosiasi lebih sering daripada yang kita sadari (mungkin kita tidak sadar sedang melakukan negosiasi).

Jadi diperlukan kecakapan dalam hal bernegosiasi karena negosiasi adalah hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Buku setebal 385 halaman yang ditulis oleh Herb Cohen (The World's Best Negotiator) ini akan memaparkan teknik-teknik dalam bernegosiasi. Worth reading! 

No comments:

Post a Comment