Thursday, February 28, 2013

Akhirnya.. Sarjana Teknik!

Syukur kepada Allah atas semua yang terjadi dalam kehidupan saya selama 23 tahun ini. Khususnya saya bersyukur untuk gelar Sarjana Teknik yang boleh saya raih pada hari ini, 26 Februari 2012 setelah dinyatakan lulus Sidang Tugas Akhir dengan nilai "Sangat Baik". Dan akan diwisuda tanggal 6 April 2013.

Hanya satu kalimat yang bisa menggambarkan perasaan saya saat ini, "Terimakasih Tuhan!"
Tuhan begitu baik. Saya benar-benar merasakan pertolongan Tuhan khususnya dalam menyelesaikan Tugas Akhir ini. Mulai dari pengumpulan draft TA, penentuan jadwal sidang, hingga dosen-dosen penguji. Niat untuk bisa wisuda April 2013 sudah lama saya tanamkan sejak berada di awal tingkat 4. Karena saya tahu bahwa masih ada mata kuliah yang "memaksa" saya untuk lulus bulan April 2013. Dan juga entah kenapa dalam diri saya ada perasaan belum siap jika harus lulus Oktober 2012. Lulus April adalah waktu lulus yang sangat tepat buat saya dan Tuhan mengabulkan niat saya.

Jika mengingat kembali kebelakang di awal masuk "kampus gajah" ini, saya terkadang sulit percaya saya bisa lulus dari ITB dengan IPK yang baik. Di tahun pertama adalah tahun-tahun yang cukup sulit buat saya karena harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Jujur saya mengalami kesulitan di tahun pertama dalam hal beradaptasi dengan gaya komunikasi dan kultur yang berbeda. Hal itu jugalah yang berpengaruh buruk terhadap prestasi akademik saya. Pelajaran yang bisa saya ambil ialah kita harus mampu beradaptasi dengan cepat dalam lingkungan yang baru agar bisa memaksimalkan diri ditempat tersebut. Selain itu, saat itu saya sempat kecanduan bermain game. Pernah seharian saya hanya ada dikosan menghabiskan waktu dengan bermain game. Sungguh tidak produktif.

Tetapi syukurlah saya cepat sadar dan berbenah diri. Walaupun dengan tertatih-tatih perlahan akademik saya semakin membaik. Disini PMK sangat berperan dalam proses rekonstruksi nilai-nilai hidup saya dan menyadarkan saya untuk bertanggung jawab dalam kuliah saya. Tuhan sudah memberikan saya kesempatan berharga untuk bisa berkuliah disini dan tidak boleh saya sia-siakan apalagi kalau mengingat status saya dalam keluarga besar yang diharapkan bisa menjadi anak yang teladan. Perpaduan antara nilai-nilai hidup yang baru, cita-cita saya, status saya dalam keluarga besar, dukungan doa dan materi dari keluarga lah yang menjadi amunisi saya untuk memenangkan "pertempuran" di ITB ini hingga meraih gelar Sarjana Teknik.

Saat ini, saya akan memasuki dunia yang baru, dunia kerja. Ada banyak perencanaan hidup ke depan dan tentunya ada banyak tantangan baru yang harus saya hadapi dalam meraihnya. Yang penting, dimanapun saya berada dan kapanpun itu, saya harus memberikan yang terbaik dan berusaha sekeras mungkin sembari berdoa dan berserah penuh kepada Tuhan.
Selamat tinggal kampus ITB! Terimakasih atas semua pembelajaran dan kenangan berharga selama 4,5 tahun ini.

Salam Ganesha, Bakti kami untukMu, Tuhan, Bangsa, dan Almamater!



No comments:

Post a Comment