Saturday, August 31, 2013

Awas Menular!

Saat ini saya sedang membaca sebuah buku International Bestseller berjudul Tipping Point. Buku ini ditulis oleh Malcom Gladwell yang juga merupakan penulis buku bestseller lainnya seperti Outlier, Blink, dan What The Dog Saw.

Buku Tipping Point sudah saya baca satu bab. Dan salah satu hal penting yang saya dapatkan disana adalah setiap orang (sadar atau tidak) pasti akan menularkan/ditularkan sesuatu kepada/oleh lingkungan (orang lain). 

Untuk membuktikan statement diatas, cobalah untuk menguap dimana ada beberapa orang didekat anda. Maka orang-orang didekat anda (yang melihat atau mendengar anda menguap) pasti akan ikut pula menguap (sadar atau tidak). Atau mungkin anda pernah mendengar ada orang yang bernyanyi dan tanpa sadar beberapa menit kemudian anda juga menyanyikan lagu yang sama.

Hal yang sama juga berlaku untuk ketakutan/keberanian, optimisme/pesimisme, tawa/tangis, kebahagian/kesedihan, tepuk tangan disebuah acara dan lain-lain. Semua hal itu (emosi) juga MENULAR! Bisa jadi anda yang menularkannya atau anda tertular dari orang lain.

Oleh karena kita memiliki kemampuan untuk menularkan sesuatu kepada lingkungan, penting bagi kita untuk memiliki kesadaran menularkan hal-hal yang positif bagi lingkungan kita. Dan oleh karena kita juga memiliki tendensi untuk tertular akan sesuatu, mari bergabung dengan lingkungan yang positif terlebih dahulu agar kita tertular dengan hal-hal yang positif lalu menularkan itu kepada lingkungan lain yg mungkin cenderung negatif.

Mari menularkan hal-hal yang positif bagi lingkungan kita melalui apa yang kita pikirkan, kita katakan, dan yang kita lakukan.
Selamat ditularkan dan menularkan!!

No comments:

Post a Comment