Saturday, August 24, 2013

Sebuah Paradoks : "Semua Sudah Ditakdirkan"

Mazmur 139:16 mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya. 

Bagi beberapa orang, masa depan bisa diubah tergantung dari apa yang sedang kita lakukan saat ini. Tapi setelah saya renungkan, ternyata pendapat tersebut kurang tepat. Kitab Mazmur 139:16 mengatakan bahwa jalan hidup kita sudah tertulis. Kalau saya berkata bahwa Allah tahu apa yang akan terjadi dengan hidup kita di masa depan, mungkin semua pasti setuju karena kita sepakat bahwa Allah Maha Tahu. 

Tapi kesepakatan itu membawa implikasi penting bahwa sebenarnya jalan hidup kita sudah diatur oleh Tuhan. Tidak ada yang bisa kita lakukan untuk merubah rencana Tuhan atas dunia ini dan atas hidup kita. Kapan kita lahir, kapan kita mulai bekerja, kapan kita menikah, kapan kita mati, semua sudah diatur oleh Tuhan dan kita tidak bisa mengubah itu. Pak Basuki (Ahok), Wagub DKI Jakarta, pernah berkata bahwa ketakutan terhadap sesuatu tidak akan memperpanjang usia kita. Hidup mati sudah diatur oleh Tuhan dan Pak Ahok hanya taat pada konstitusi dalam menjalankan tugasnya meskipun itu berarti harus melawan para bandit di Jakarta.

Memang dibagian ini saya masih belum bisa mengerti sepenuhnya karena disatu sisi Allah sudah mengatur jalan hidup setiap orang dan disisi lain saya juga berpendapat bahwa dalam kasih Nya Allah akan memberikan kebebasan bagi orang dalam menentukan pilihan hidupnya. Seperti sebuah paradoks bukan?

Tapi saya yakin bahwa teka-teki tersebut tidak akan pernah mampu dijawab oleh siapapun karena itu diluar pemikiran manusia. Saya lebih memilih untuk menjalani kehidupan saya dengan taat kepada Tuhan dalam mengambil pilihan-pilihan hidup saya. Namun disisi lain saya yakin bahwa hidup saya sudah diatur oleh Dia (Yeremia 29:11). Jadi dengan paradigma berpikir seperti itu, seharusnya tidak ada yang perlu saya kuatirkan dalam hidup ini jika saya taat dan percaya pada Nya, karena janji Tuhan adalah rancangan yang baik atas hidup kita.

Jadi sebenarnya tidak ada yang bisa kita sombongkan dalam hidup ini. Segala sesuatunya berasal dari Dia, diatur oleh Dia, dan untuk Dia. 

No comments:

Post a Comment