Tuesday, January 15, 2013

Silsilahku

Pas lagi asik-asiknya "ngedate" sama TA ku, tiba-tiba aku menerima SMS dari sang pacar dan menanyakan aku Panjaitan apa? Sebenarnya aku hampir lupa tapi akhirnya ingat juga bahwa aku Panjaitan Raja Dogor. Sama seperti suku Yahudi, silsilah keluarga itu sangat penting bagi suku Batak. Seorang pemuda/i Batak seharusnya tahu dari mana asal-usulnya. Sebenarnya aku tidak terlalu tahu keseluruhan asal-usulku tapi yang kutahu kira-kira begini

Si Raja Batak memperanakkan Raja Soemba, Raja Soemba memperanakkan Tuan Sorimangaraja, Tuan Sorimangaraja memperanakkan Tuan Sorbanibanua, Tuan Sorbanibanua memiliki beberapa anak yang salah satunya ialah Si Bagot Ni Pohan, Si Bagot Ni Pohan memiliki beberapa anak yang salah satunya ialah Tuan Di Bangarna.


Nah, Tuan Dibangarna memiliki 4 orang anak : Panjaitan (Raja Toga Panjaitan), Silitonga, Sianipar, dan terakhir Siagian. Raja Toga Panjaitan (Panjaitan nomor 1) memperanakkan Raja Situngo Panjaitan (nomor 2), Raja Situngo memiliki 4 orang anak, salah satunya ialah Raja Dogor Panjaitan (nomor 3). Dari Panjaitan nomor 3 sampai nomor 15 aku ga tau. Tapi yang jelas salah satu Panjaitan nomor 16 itu adalah Oppung Doliku (Parbonaan Panjaitan). Nomor 17 itu Bapakku dan saudara-saudaranya. Lalu aku panjaitan nomor 18. Artinya aku adalah generasi ke 18 dari Raja Toga Panjaitan. Hehe :D

No comments:

Post a Comment