Sunday, September 20, 2015

Filosofi Rumus

Hari ini ketika mengikuti kursus tank inspector, saya diingatkan lagi untuk TIDAK sekedar menghafal rumus, tapi yang lebih penting adalah memahami filosofi rumus tersebut. Misalnya contoh rumus perhitungan thickness minimum localized thinned area dari rumus API 653 dibawah



Ketika menghadapi rumus tersebut, saya harus terlebih dulu menanyakan "Apakah rumus diatas make sense buat saya?".

Misalnya dalam rumus diatas, thickness minimum yang dibutuhkan untuk shell tanki bisa tetap dioperasikan, nilainya berbanding terbalik dengan S (stress maksimum yang diizinkan).

Apakah itu make sense?

Pikirkan lagi. Misalkan kalau seandainya suatu material pelat shell tipe "X" memiliki nilai S besar, artinya material pelat tersebut mampu menahan stress yang besar dan tidak mengalami kerusakan. Sehingga material tersebut hanya membutuhkan ketebalan yang lebih kecil saja dibandingkan material lain yang punya nilai S yang lebih kecil. Berarti logislah kalau nilai S besar, maka nilai t akan kecil dan sebaliknya.

Kemudian makna E, joint eficiency itu apa sebenarnya?

  • Analogi pertama. Ketika kita hendak membangun suatu jalur dengan jalan aspal yang punya kekuatan menahan beban hingga 10 ton. Lalu jalur tersebut akan melewati sungai, dan kita bangun jembatan dengan kekuatan menahan beban hanya 8 ton. Maka ketika kita hendak melewati keseluruhan jalur tersebut, kita HANYA akan memakai kendaraaan yang punya beban maksimal 8 ton saja.
  • Analogi kedua. Tetapi seandainya kendaraan kita tidak akan pernah melewati jembatan berkekuatan 8 ton tersebut, maka kita bisa memakai kendaraan hingga 10 ton.
  • Analogi ketiga. Lalu misalkan kekuatan jalan aspal 10 ton dan kekuatan jembatan kita desain 12 ton. Jika kita ingin melewati jalur tersebut, kita HANYA akan memakai kendaraan yang punya beban maksimal 10 ton, BUKAN 12 ton, karena kita tidak ingin jalan aspal kita jebol.

Jembatan yang menghubungi dua daratan tersebut ibarat joint antar shell tanki. Dari analogi tersebut kita tahu bahwa joint efiency tidak akan pernah lebih besar dari 1. Karena beban kendaraan maksimal kita tetap mengikuti jalan aspal 10 ton sekalipun jembatan kita desain 12 ton.

Sehingga untuk kasus korosi yang jauh dengan joint (jembatan-red) dimana jaraknya lebih besar dari 1 inch, maka E-nya 1(ingat analogi kedua).Tetapi untuk yang dekat dengan joint, maka nilai E nya mengikuti tabel 4.1 pada API 653.

Intinya, selalu pahami filosofi suatu rumus dan tanyakan pada diri sendiri apakah rumus itu make sense buat anda.

Friday, September 18, 2015

Tank Inspector


  1. Untuk Konstruksi (bukan rekonstruksi yaa), WPS dan welder/welding operator harus dikualifikasi menurut aturan standard ASME Section IX
  2. Untuk Re-konstruksi, WPS dan welder/welding operator harus dikualifikasi menurut aturan standard ASME Section IX, API 650 Section 9, dan API 653 
  3. Untuk welding pada tangga (ladder) dan platform asemblies, handrail, stairways, WPS mengacu pada AWS D1.1, AWS D.1.6, atau ASME Section IX. (Umumnya aturan di ASME IX lebih ketat dibanding AWS)
  4. Essential Variable dalam Prosedur dalam ASME Section IX artinya apabila ada perubahan pada kondisi pengelasan akan mempengaruhi mechanical properties pengelasan tersebut. 
  5. Sesuai ASME IX QW 322, jika seorang welder sudah tidak pernah mengelas sesuai dengan sertifikatnya selama 6 bulan lebih maka kualifikasi welder tersebut sesuai sertifikatnya dinyatakan expired
  6. Ref API 650, identifikasi atas welded joint (sambungan las), dapat dilakukan dengan salah satu cara berikut : hand- or machine stamped adjacent to completed weld atau membuat record yang mengidentifikasi welder untuk setiap joint.
  7. Ketika lowest shell course didesain dengan stress material grup IV, IVA, V, atau VI, maka anular bottom plate yang di butt-welded harus digunakan.
Acceptance Standards NDE pada API 650 :
  • MT: ASME Section VIII, Appendix 6 (Paragraphs 6-3, 6-4, 6-5)
  • PT: ASME Section VIII, Appendix 8, (Paragraphs 8-3, 8-4, 8-5)
  • RT: ASME Section VIII, Paragraph UW-51 (b)
  • UT: For welds examined by UT in lieu of RT, acceptance standards are in API 650 Appendix U. For UT when RT is used for the requirements of 7.3.2.1, the acceptance standard is as agreed upon by the Manufacturer and Purchaser.